News

Arsjad Rasjid: Buku Jendela Dunia

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid, menyampaikan selamat Hari Buku Nasional yang diperingati setiap 17 Mei. Melalui momentum tersebut, Arsjad Rasjid mengingatkan jika buku ibarat jendela dunia.

Melalui buku, kata dia, wawasan masyarakat bisa jadi semakin bertambah luas. “Buku adalah jendela dunia. Selamat Hari Buku Nasional,” kata Arsjad Rasjid.

Diungkapkannya, setidaknya ada beberapa manfaat jika kita rajin membaca buku. Selain memberikan pengetahuan luas yang bisa membawa kita mengetahui kondisi di seluruh dunia, membaca juga bisa melatih daya imajinasi.

“Dengan berimajinasi, kita bisa membuat suatu gambaran terhadap hal yang kita baca,” ujarnya.

Melalui imajinasi pula, ujar Arsjad, mampu melatih cara berpikir yang lebih luas tanpa batas. Manfaat lainnya, kosa kata dalam bertutur kata maupun menulis pun juga akan bertambah luas.

Arsjad percaya, mereka yang gemar membaca akan jauh lebih kreatif dalam segala hal.

Untuk diketahui, pemilihan 17 Mei sebagai Hari Buku Nasional didasarkan pada berdirinya Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 17 Mei 1980.

Menteri Pendidikan Abdul Malik Fadjar, adalah yang pertama kali mencetuskan peringatan tersebut pada 2002.

Melalui peringatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan budaya atau meningkatkan minat membaca dan menulis atau budaya literasi di masyarakat. (ANA)

You may also like