News

Indika Energy Dukung Penuh Vaksinasi Gotong Royong

Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid menegaskan, perusahaannya mendukung penuh pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong untuk Pekerja yang telah dimulai pada 18 Mei 2021 lalu.

Arsjad mengungkapkan, vaksinasi yang digagas Kadin ini juga sejalan dengan target pemerintah mempercepat kekebalan komunal di masyarakat.

“Sebagai partner pemerintah kami siap mendukung program vaksinasi ini terutama pada tahapan distribusi, pelaksanaan dan pendanaan,” kata Arsjad.

Sejak awal masa pandemi, kata Arsjad, Indika Energy telah menempatkan kesehatan dan keselamatan karyawan sebagai prioritas utama. Hal ini antara lain diwujudkan melalui penyediaan tes PCR dan pusat isolasi bagi karyawan yang terpapar Covid-19.

Terkait pendanaan vaksinasi Gotong Royong, Indika Energy menyiapkan dari sumber dana internal karena kesehatan dan keselamatan karyawan adalah hal utama.

Arsjad yang juga kandidat ketua umum Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026 ini pun optimistis pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong akan mempercepat pemulihan kesehatan dan ekonomi nasional.

Kendati begitu ia menandaskan, ke depan, vaksinasi harus dilakukan berdasarkan sektor prioritas. Misalnya sektor usaha yang dianggap memiliki multiplier effect besar terhadap perekonomian.

“Kita dihadapkan pada kenyataan bahwa permintaan terhadap vaksin jauh melebihi penyediaannya, sehingga harus dilakukan berdasarkan prioritas,” kata Arsjad Rasjid.

Selain sektor-sektor yang memiliki multiplier besar, lanjut dia, juga perlu prioritaskan sektor yang sangat tergantung pada mobilitas karyawan.

“Harapannya sektor tersebut bisa menjadi katalis pergerakan roda ekonomi, sambil menunggu tambahan ketersediaan vaksin untuk sektor-sektor lainnya,” katanya.

Menurut dia, pandemi ini telah menyebabkan perubahan dalam mobilitas karyawan, yang bisa mempengaruhi produktivitas dan aset. Karena itu, vaksinasi diharapkan menjadi bagian solusi untuk mengembalikan mobilitas karyawan.
“Tentu kita tetap harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” kata dia. (VED/ELA)

You may also like