News

Arsjad Rasjid: UMKM Harus Jadi Bagian dari Kadin Indonesia

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid bersilaturahmi dengan pengurus Kadin Sulawesi Selatan di Hotel Claro, Jalan AP Pettarani Makassar, Sabtu, 24 April 2021.

Dalam kesempatan tersebut Arsjad Rasjid menegaskan sikapnya untuk merangkul pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk menjadi bagian dari Kadin Indonesia.

Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk ini juga menganggap masyarakat dan pengusaha Indonesia saat ini tengah berperang menghadapi tantangan ekonomi akibat efek pandemi Covid-19.

Karena itu, dia menganggap Kadin Indonesia harus mempunyai pemikiran atau mindset yang juga harus berubah dan adaptif dengan perkembangan zaman.

“Saya melihat Kadin Indonesia sebagai perusahaan, ada yang namanya pemegang saham yakni Kadin daerah dan asosiasi pengusaha. Bagaimana Kadin Indonesia memberikan deviden kepada pemegang saham,” katanya.

Arsjad melanjutkan, setelah berpikir memberikan nilai atau dividen ke pemegang saham, maka barulah berpikir bagaimana Kadin Indonesia harus inklusif dan kolaboratif.

Inklusif, lanjut Arsjad Rasjid, adalah turut merangkul usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) menjadi bagian dari Kadin Indonesia. “Sehingga, pelaku UMKM menganggap Kadin Indonesia milik kita bersama,” katanya.

Komisaris PT Grab Teknologi Indonesia ini menjelaskan kolaboratif adalah bisa bekerja sama dan bermitra dengan pemerintah.

Mengapa harus mendahulukan sikap kolaboratif, karena menurutnya, ada yang ingin Indonesia terpecah pecah belah. “Kita mempunyai demografi, kita punya sumber daya alam melimpah,” katanya.

Arsjad Rasjid datang ke Makassar bersama enam pengurus Kadin Provinsi. Mereka di antaranya, Ketua Kadin Provinsi Jambi Oesman Sulaiman, Ketua Kadin Provinsi Bengkulu Fery Rizal, Ketua Kadin Sumatera Barat Ramal Saleh, Ketua Kadin Kalimantan Timur Dayang Donna Farouk, dan Wakil Ketua Kadin Banten Agus Wisasa.

Selain itu, ada juga Ketua Dewan Penasihat Kadin DKI Jakarta Burhanuddin Andi, unsur wakil ketua Kadin DKI Jakarta, wakil ketua Kadin Sulawesi Utara dan pengurus Kadin Kalimantan Selatan.

Rombongan Arsjad Rasjid disambut oleh Ketua Umum Kadin Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Sulsel Andi Zulkarnaen Arief, Wakil Ketua Aliyah Mustika Ilham dan Wakil Ketua Kadin Muhammad Aras. (VED)

You may also like