News

Arsjad Rasjid: Kita Memerlukan Pejuang Ekonomi dan UMKM yang Tangguh

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid mengatakan, persatuan menjadi resep utama dalam menghadapi pemulihan ekonomi.

Arsjad menuturkan pentingnya persatuan ini untuk melawan pandemi Covid-19. Menurutnya bangsa ini tidak boleh terpecah belah. Hal tersebut disampaikannya saat hadir dalam pelantikan Ketua Kadin Kota Samarinda Muhammad Ridwan di Hotel Mercure, Samarinda, Senin, 5 April 2021.

“Kalau saya mengatakan, kita ini sedang perang. Kalau kita tidak bersatu, akan hancur kita. Perang apa? Satu adalah perang kesehatan. Kedua, perang ekonomi. Kita sedang perang dalam pandemi. Musuhnya tidak kelihatan, namanya Covid-19,” jelas Arsjad.

Karena itu, calon ketua umum Kadin 2021-2026 ini menuturkan, Indonesia membutuhkan pejuang ekonomi dan usana mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang tangguh. Karena mereka inilah yang akan menjadi fondasi untuk memulihkan ekonomi.

“Yang kita perlukan sekarang adalah pejuang ekonomi. Pemulihan ekonomi perlu didukung fondasi UMKM yang kokoh. Kalau kita punya pengusaha usaha kecil menengah yang banyak, kita akan kuat,” tutur Arsjad.

Dia pun memaparkan fakta di seluruh dunia saat krisis ekonomi 1998. Saat itu, ketika pengusaha besar dan konglomerat jatuh,  kelompok UMKM bertahan, bahkan menguat.

“Bukti di 1998, sewaktu krisis ekonomi melanda negeri ini, sejumlah pengusaha besar jatuh, konglomerat jatuh. Lalu apa yang terjadi? Pengusaha mikro kecil menengah menguat, itulah fondasi. Dan itu fakta yang terbukti di seluruh dunia,” jelas Arsjad. (VED)

You may also like