News

B20 Roadshow: Menggali Peluang Bisnis antara Indonesia dan India

Roadshow B20 Indonesia di India

Setelah perjalanan panjang Roadshow B20 Indonesia ke berbagai negara, akhirnya sampai ke pemberhentian terakhir, New Delhi, India.

India dan Indonesia telah menjalin hubungan diplomatik 75 tahun lamanya. Kedua negara juga bersama-sama mempelopori Gerakan Non-Blok (GNB) pada tahun 1950-an sebagai respon perang dingin antara blok barat dan blok timur . 

Kerja Sama Ekonomi Indonesia dan India

Saat ini India dan Indonesia menjadi dua negara dengan kekuatan ekonomi terbesar di Asia setelah Tiongkok. Apabila tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah KTT G20 maka India melanjutkan estafet kepemimpinan tersebut di tahun 2023.

Di Indonesia-India Business Forum, bagian dari rangkaian acara Roadshow B20 Indonesia ke New Delhi. Mewakili Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, saya menyampaikan kembali komitmen Presiden Joko Widodo dan PM Narendra Modi di tahun 2019. Komitmen tersebut menegaskan target ambisius kedua negara dalam meningkatkan nilai perdagangan dari 21 Milyar USD menjadi 50 Milyar USD pada tahun 2025.

Dari segi investasi, FDI India di Indonesia tercatat USD 49.5 juta, tersebar ke lebih dari 465 proyek dengan tiga sektor unggulan yaitu industri tekstil, properti, dan kawasan industri. 

Win-Win Collaboration

Kedua negara sama-sama berkomitmen untuk melawan ancaman krisis iklim. Indonesia menargetkan net zero emission tahun 2060 sementara India tahun 2070. Tujuan ini bisa diakselerasi dengan mengeksplorasi berbagai potensi di sektor-sektor yang berkaitan dengan sustainabilitas dan tentunya digitalisasi. Karena itu, dalam forum bisnis tersebut saya menawarkan 4 sektor industri yang potensial untuk digali. Keempat sektor tersebut adalah maritim & infrastruktur, sektor digital, kendaraan listrik, dan transisi energi. 

Dalam kesempatan ini, saya juga menyampaikan undangan yang hangat untuk India untuk menjadi bagian dari B20 Summit di Indonesia. Saya juga menyampaikan dukungan Indonesia bagi penyelenggaraan KTT G20 dan B20 India tahun 2023 mendatang.

Saya meyakini bahwa G20 dan B20 merupakan momentum bagi kedua negara untuk menjadi motor pertumbuhan di masing-masing wilayahnya. Mengingat India dan Indonesia adalah negara dengan ekonomi terbesar di kawasan Asia Selatan dan Asia Tenggara. Karena itu saya dan KADIN mengajak komunitas bisnis di India agar melihat peluang yang ada sebagai win-win collaboration bagi kedua negara.

You may also like