News

Visi Arsjad Rasjid Kembangkan Potensi Daerah

Calon ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026 Arsjad Rasjid bertekad untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh setiap daerah. Hal tersebut ia tegaskan dalam salah satu visinya untuk mengembangkan Kadin ke depan.

“Sesuai dengan salah satu visi misi saya, saya akan mengembangkan potensi-potensi di setiap daerah,” ujar Arsjad Rasjid melalui akun Instagramnya, Jumat, 7 Mei 2021.

Menurut Arsjad, pengembangan potensi daerah itu antara lain menciptakan usaha baru, menaikkan kelas usaha, hingga melakukan promosi industri kreatif dan destinasi wisata daerah setempat.

Arsjad pun mencontohkan potensi yang dimiliki Aceh, yang berada di wilayah paling barat Indonesia.

Di Aceh, ungkap Arsjad, banyak sekali potensi yang bisa digalakkan. Hal tersebut mulai dari pertanian, perkebunan, pertambangan, dan masih banyak lagi.

“Kekayaan alam yang ada di Aceh sangat bisa dimanfaatkan untuk menyejahterahkan rakyat Aceh,” kata Arsjad.

Ia pun mencontohkan potensi gas alam Aceh yang telah ekspor ke Jepang dan Korea sejak tahun 1970-an.

Sebelumnya, di hadapan para pengurus Kadin Daerah Istimewa Yogyakarta, Arsjad juga pernah menyatakan kesiapannya untuk berkolaborasi memulihkan perekonomian di Yogyakarta yang selama ini mengandalkan pariwisata dan ekonomi kreatifnya.

Untuk membangkitkan ekonomi kreatif, misalnya, Arsjad akan mengembangkan Warung Inovatif. Di sini, nantinya para pelaku UMKM tidak hanya dilatih menghasilkan produk inovatif namun juga akan mendapat pelatihan pemasaran secara digital.

Melalui upaya ini, Arsjad yakin perekonomian Yogyakarta dan daerah lain yang selama ini terdampak pandemi bisa bangkit kembali. Arsjad juga optimistis, dengan membangun Kadin baru yang kolabotarif dan inklusif, maka akan mampu menciptakan pelaku usaha baru dalam berbagai skala: mikro, kecil, maupun menengah. (BUR)

You may also like