Menjaga motivasi bisnis agar tidak goyah di tengah persaingan dan perubahan kondisi pasar memang bukan perkara mudah. Baik ketika menghadapi stagnasi maupun dinamika dunia usaha, kedua situasi ini sama-sama dapat memberikan tekanan sendiri bagi seorang pengusaha.

Namun perlu diingat, menjaga motivasi bisnis pada dasarnya adalah kunci utama kesuksesan usaha kita. Bagaimana caranya? Arsjad Rasjid bagikan 3 tips penting bagi para pelaku usaha agar dapat menjaga semangat dan fokus, sehingga bisa survive di tengah tantangan dan persaingan bisnis.

Berani mencoba hal baru untuk menjaga motivasi bisnis

Apapun motivasi bisnis kita, bisa dilepaskan dari keberanian untuk keluar dari zona nyaman dan berinovasi. Gebrakan yang kita lakukan tidak perlu besar atau revolusioner, yang penting dapat memberikan dampak signifikan dalam bisnis yang dijalankan.

Inisiatif keluar dari zona nyaman dan keberanian melakukan inovasi merupakan hal penting yang perlu dimiliki seorang pengusaha. Sebab hal ini dapat membantu bisnis untuk keluar dari krisis, beradaptasi dengan dinamika pasar, dan tetap bertahan di tengah persaingan.

Beberapa contoh action atau inovasi yang dapat memberikan kesegaran pada strategi bisnis kita antara lain sebagai berikut.

  1. Berani mencoba beralih ke platform digital atau menggunakan teknik digital marketing
  2. Membuat produk atau layanan baru
  3. Melakukan diferensiasi produk atau toko baru
  4. Mengadopsi teknologi baru dalam sistem produksi

Mengingat kembali cita-cita dan tujuan bisnis

Setiap bisnis yang dibangun dengan kesungguhan, tentu memiliki tujuan atau cita-cita, baik itu tujuan jangka panjang, personal, atau sosial-ekonomi. Apapun tujuannya, hal ini dapat dijadikan pengingat di saat motivasi bisnis tersebut mulai goyah.

Sebagai pemilik usaha, jangan ragu menghimpun dan mengkomunikasikan tujuan ini pada tim yang terlibat, agar dapat memahami dan sejalan dalam menjalankan bisnis tersebut. Dengan demikian, bukan hanya satu orang yang dapat merasakan motivasi bisnis ini, tetapi juga seluruh SDM yang berkontribusi di dalamnya.

Namun bila di tengah jalan kita mempertimbangkan bahwa tujuan bisnis mulai tidak relevan, tidak ada salahnya melakukan evaluasi sambil menyesuaikan dengan situasi yang sedang terjadi.

Memperluas networking

Arsjad Rasjid kembali menekankan pentingnya memperluas networking untuk dapat memelihara asa dan motivasi bisnis. Jaringan yang luas dapat mempertemukan kita dengan orang-orang baru, bertukar ide, menemukan peluang baru hingga merasakan dinamika semangat juang dari network yang kita miliki.

Dukungan komunitas bisnis maupun rekanan seperti ini, membuat kita lebih bergairah dalam menjalankan usaha. Berikut ini adalah beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memperluas rekanan bisnis dan dukungan komunitas.

  1. Aktif dalam event dunia usaha dan bisnis seperti webinar maupun seminar.
  2. Memanfaatkan media sosial agar dapat terhubung dengan rekan, mentor dan profesional
  3. Bergabung dalam komunitas usaha dan aktif merawat hubungan dengan para anggotanya.

Arsjad Rasjid memahami bahwa membangun bisnis dan mengusahakannya tetap sustain atau berkelanjutan bukanlah hal yang mudah. Namun Ketua Umum Kadin Indonesia ini meyakinkan bahwa setiap orang bisa sukses.

BACA JUGA: Agar Proses Bisnis Tetap Lancar, Berikut Tips Jitu dari Arsjad Rasjid

Semoga tips di atas dapat membantu memulihkan dan menguatkan kembali motivasi bisnis yang dimiliki para pelaku usaha kecil, menengah maupun besar, di tengah perubahan dan dinamika yang terjadi saat ini. Perlu diingat bahwa berbisnis itu perjalanan panjang naik turun, nikmati prosesnya dan fokus, hingga kesuksesan datang pada Anda.

You may also like

More in News