News

Lewat GSI Lab, Arsjad Rasjid Bangun Laboratorium Tes Covid-19 Terbesar di Indonesia

Genomik Solidaritas Indonesia (GSI) membuat laboratorium pemeriksaan Covid-19 dengan kapasitas terbesar di Indonesia. Laboratorium itu terletak di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

GSI sendiri didirikan oleh sejumlah pengusaha. Salah satu pengusaha yang menjadi pendiri adalah Arsyad Rasjid. Dia adalah Direktur Utama Indika Energy Tbk.

GSI Lab merupakan laboratorium tes PCR (Polymerase Chain Reaction) yang didirikan untuk meningkatkan kapasitas layanan tes PCR secara nasional dan masif. Lab ini dibuka secara resmi pada Rabu, 12 Agustus 2020 lalu.

Berdasarkan informasi, laboratorium itu nantinya mampu menampung kapasitas pemeriksaan tes 5.000 PCR per hari.

Masyarakat pun dapat memanfaatkan berbagai kemudahan yang dihadirkan oleh GSI Lab untuk pengambilan sampel Swab, yaitu melalui sistem drive through, walk through, dan ride through.

Disebutkan, GSI Lab juga meluncurkan program Swab And Save Indonesia, yaitu sebuah program untuk membantu masyarakat yang kesulitan mengakses tes PCR.

GSI Lab adalah gerakan solidaritas dan kolaborasi bersama yang diinisiasi oleh Indika Foundation untuk membantu pemerintah Indonesia, khususnya Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Gerakan ini melahirkan inisiatif untuk membangun laboratorium pengetesan Covid-19. Tujuannya, untuk meningkatkan kapasitas tes PCR secara nasional dan masif.

“Melalui GSI Lab, kami ingin menunjukkan rasa solidaritas dan semangat gotong-royong anak bangsa, sambil terus berusaha untuk menginspirasi bahkan mengajak seluruh elemen bangsa untuk berpartisipasi mendukung gerakan ini,” sebut GSI Lab.

Seperti diketahui, pemerintah terus berupaya untuk menekan kasus positif Covid-19 di Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) bahkan menetapkan target bagi masyarakat untuk melakukan tes PCR sebanyak 30 ribu tes per hari, agar mampu mengungkap jumlah persebaran Covid-19 yang terjadi. (VED)

You may also like