News

Alasan Mantan Menteri Perindustrian MS Hidayat Dukung Arsjad Rasjid Jadi Ketua Umum Kadin

Mantan Menteri Perindustrian yang juga pengusaha nasional, MS Hidayat memberikan dukungan kepada Arsjad Rasjid untuk menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 2021-2026. Dia menilai, visi Arsjad Rasjid yang saat ini menjadi Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, untuk memperkuat sinergi kolaborasi bersama pemerintah dan menjadikan Kadin sebagai rumah inklusif bagi semua kalangan, sangat tepat.

Kadin, ungkap MS Hidayat, memiliki tugas sebagai counterpart pemerintah dalam menanggulangi masalah ekonomi di dalam negeri maupun di luar negeri. Karena itu, sejalan dengan visi Arsjad Rasjid, peran Kadin harus diperkuat melalui berkolaborasi bersama pemerintah agar dapat menghadapi tantangan perekonomian yang cukup berat.

“Jika Munas sudah berjalan dengan baik, maka tugas pertama langsung menjadi counterpart pemerintah, kepentingan pengusaha nasional. Kepada saudara Arsjad, saya mendukung,” ujar MS Hidayat yang juga mantan Ketua Kadin, Rabu (31/3) lalu.

Diketahui, Arsjad Rasjid berkomitmen untuk memperbaiki dunia usaha bersama-sama dengan pemerintah. Arsjad, yang juga yang menjabat sebagai Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk dan Ketua Dewan Penyantun Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu menyatakan, jika Kadin ibarat perusahaan, maka Kadin Provinsi dan asosiasi adalah para pemegang sahamnya.

Arsjad memiliki visi membangun Kadin baru yang inklusif dan kolaboratif. Selain membangun Kadin sebagai rumah bersama, ia juga akan mendorong Kadin Indonesia untuk menjadi partner utama pemerintah dalam transformasi sektor kesehatan, terutama dalam penanganan covid-19, dengan fokus pada implementasi vaksinasi Gotong Royong.

Ia pun akan memperkuat infrastruktur kesehatan nasional yang promotif dan preventif, serta meningkatkan jumlah dan kualitas SDM kesehatan sampai ke tingkat desa. Selain itu, juga perlu mendorong deregulasi sektor kesehatan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan ke taraf internasional.

“Saya berharap Kadin Indonesia menjadi satu dan solid untuk dapat memenangkan persaingan dengan negara lain. Dengan dukungan Ibu Bapak semua, saya bertekad untuk membangun Kadin yang kuat, dengan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah yang lebih terstruktur, juga mendorong peran aktif dan melibatkan anggota Kadin di daerah dan juga seluruh asosiasi dalam prosesnya,” tegasnya. (VED)

You may also like