News

Menteri Trenggono Blak-blakan Dukung Arsjad Rasjid Jadi Ketua Umum Kadin

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono blak-blakan mendukung Arsjad Rasjid sebagai calon ketua umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Trenggono mengungkapkan, ada potensi “harta karun” di laut Republik Indonesia senilai ratusan miliar dolar Amerika Serikat (AS) di depan Arsjad.

“Saya terus terang sangat dekat dengan Arsjad. Saya punya program 2021 hingga 2024 ada USD 162 miliar pasar kelautan dan perikanan,” ujarnya dalam acara buka bersama dan silaturahmi Arsjad Rasjid dengan Kadin Banten di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 21 April 2021.

Kendati memiliki potensi kelautan dan perikanan yang besar, nyatanya pengusaha belum melihatnya, sehingga posisi Indonesia masih tertinggal dari Tiongkok.

“Menurut saya laut masih dipunggungi, juaranya Tiongkok dari sisi eksportir dan importir terbesar dunia. Saya bisik-bisik dengan Pak Mendag Lutfi, Kadin harus bergerak ke sana,” kata Trenggono.

Selain itu, dirinya merencanakan untuk mengunjungi Provinsi Banten karena mempunyai potensi besar di sektor kelautan dan perikanan, khususnya di jalur selatan dekat Pandeglang.

Trenggono menambahkan, ada peluang budidaya udang yang bisa dikembangkan hingga sebanyak 2 juta ton dengan pasar USD 24,5 miliar.

“Nilai pasar udang USD 24,5 miliar, tapi Indonesia masih di posisi 5, kalah dari Ekuador di posisi kedua dan Tiongkok pertama. Selain itu ada juga lobster di Pandeglang dan Lebak. Bangun ekonomi harus dari daerah juga, tidak hanya pusat,” pungkasnya. (VED)

You may also like