Mengikuti program kemitraan merupakan salah satu cara bagi pengusaha kecil dan menengah untuk dapat mengembangkan bisnis. Program ini mendukung pengusaha untuk lebih cepat bertumbuh serta mendapatkan insight bisnis terbaru.

Kadin Indonesia melalui berbagai program kemitraan dengan model inklusif berusaha mewujudkan UMKM naik kelas yang tersinergi dari hulu ke hilir. Ini menjadi kesempatan yang baik untuk meningkatkan visibilitas usaha, sekaligus terhubung dengan para ahli dan pemilik usaha lainnya.

Untuk mengetahui manfaat program kemitraan bersama Kadin Indonesia, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya.

Inclusive Closed-Loop Model untuk Produk Pertanian

Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena memiliki beberapa karakteristik seperti luasnya lahan untuk pertanian, serta banyaknya jumlah penduduk yang berprofesi sebagai petani. Namun, program yang mendukung keberlangsungan potensi agraris tersebut.

Inclusive Closed-Loop Model untuk Produk Pertanian, merupakan legacy project dari ASEAN BAC 2023. Saat ini, setidaknya 2,4 juta petani dari 15 ribu desa telah bergabung dalam program tersebut bersama PISAgro sebagai mitra strategis Kadin Indonesia.

Wiki Wirausaha

UMKM merupakan bagian penting dalam perkembangan ekonomi nasional, karena berkontribusi terhadap PDB dan penyerapan tenaga kerja. Namun, tantangan yang dihadapi cukup besar, termasuk akses terhadap modal, pasar, dan kemampuan manajerial.

Wiki Wirausaha merupakan platform digital yang dapat mewadahi UMKM, perusahaan besar, pemerintah, hingga pembangku kepentingan. Dengan adanya platform ini dapat membuka lebih banyak akses pada UMKM untuk bisa naik kelas, serta saling mengedukasi antar pengusaha dan ahli.

Platform digital ini diluncurkan sejak 3 Oktober 2022 pada Acara Peluncuran “Gerakan Kemitraan Inklusif untuk mendorong UMKM Naik Kelas”, yang diresmikan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. Ada lebih dari 600 UMKM yang telah bergabung dan merasakan manfaatnya.

IKM Closed-Loop

Bersama Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Ditjen IKMA, Kementerian Perindustrian, Kadin Indonesia mengembangkan IKM-Closed Loop. Kolaborasi ini berfokus untuk pemberdayaan Industri Kecil Menengah sejak tahun 2022.

Hingga akhir 2023, Kadin Indonesia telah membina setidaknya 37 IKM. Pada semester kedua 2024, Kadin Indonesia juga akan membantu para IKM untuk mendapatkan akses pendanaan ke perbankan

Optimalisasi Pengembangan Usaha IKM di Kawasan Industri melalui Kemitraan Inklusif

Kadin Indonesia bersama dengan Kementerian Perindustrian RI bekerja sama untuk memberikan akses infrastruktur yang lebih baik, dukungan logistik yang meningkat dan potensi fiskal untuk IKM di kawasan industri Jababeka.

Dengan keempat program tersebut, dapat membantu pengusaha UMKM dan IKM untuk mendapatkan berbagai manfaat. Di antaranya adalah melakukan ekspansi bisnis, meningkatkan visibilitas usaha, membuka peluang bisnis dan menjalin networking yang lebih luas.

BACA JUGA: Keberlanjutan Bumi Melalui 4 Program Inisiatif Kadin

Untuk bisa mendapatkan manfaat program kemitraan tersebut, bergabunglah dengan Kadin Indonesia. Ikuti ‘Ayo Ber-Kadin’ dengan mengunjungi anggota.kadin.id

You may also like

More in Kadin