Masa muda seringkali mengandung banyak kenangan, petualangan dan momen yang tak terlupakan. Begitu juga dengan Arsjad Rasjid yang kini kita kenal sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.

Saat menghadiri program Q&A, Arsjad Rasjid menceritakan sebagian dari masa mudanya setelah sempat memposting beberapa foto saat masih belia.

Ada banyak cerita tak terduga dari masa muda Arsjad Rasjid yang terkenal punya pembawaan hangat dan kalem. Berikut ini adalah buka-bukaan Arsjad mengenai masa lalu dan kenakalan di saat remaja yang ia pernah lakukan.

Nostalgia foto masa muda

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Arsjad Rasjid (@arsjadrasjid)

Arsjad Rasjid yang yang kini berusia kepala lima, menceritakan tentang beberapa foto masa mudanya yang diambil sekitar tahun 90-an. Tepatnya ketika ia masih tinggal di asrama dan kuliah di Amerika.

Dalam foto tersebut, Arsjad terlihat berbeda karena memiliki kumis yang ternyata adalah tren di masa itu. Selain itu, ada beberapa foto yang menunjukkan kebersamaan bersama dengan teman-temannya dalam setelan jas, membuat sosok ‘leader’ dalam dirinya makin terpancar.

Hal ini menarik perhatian Yohana Margaretha selaku pembawa acara untuk bertanya, apakah sejak muda Arsjad sudah menjadi ketua geng. “Dari dulu itu saya suka organisasi,” jawab Arsjad.

Ia bercerita ketika masih di Amerika selain ikut Permias (Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat), Arsjad dan rekan-rekannya membentuk ISC (Indonesian Sports Club). Pembentukan ini berangkat dari keributan yang kerap terjadi saat event tujuhbelasan di sana.

Ia mendapat tantangan dari konjen di sana untuk menangani hal tersebut, “Tapi alhamdulillah, jadi proses berjalan dengan baik, pertandingan terjadi dan semuanya akhirnya nggak kejadian keributan,” kenang Arsjad.

Kenakalan Arsjad Rasjid saat muda

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Arsjad Rasjid (@arsjadrasjid)

Foto masa muda Arsjad juga menarik perhatian entrepreneur, Peter Shearer, muncul rasa ingin tahu kenakalan seperti apa yang dilakukan Ketua Umum Perpani tersebut saat belia. “Pak, saya penasaran. Kira-kira kenakalan remaja atau pemuda bapak itu sejauh apa?”, tanya Peter.

Tanpa ragu, Arsjad menjawab, “Wah, jauh banget..” Dirinya mengakui pernah berkelahi dan terlibat beberapa keributan dengan mahasiswa Meksiko dan Vietnam. Ketika ditanya menang atau tidak, ia kembali menjawab dengan pasti, “Menang dong… Merah putih, Bos,” ujarnya sambil tertawa.

Meski sama-sama pernah mengalami euforia masa muda dengan segala tren dan kenakalannya, Arsjad tetap mengingatkan ada nilai-nilai yang perlu dipegang oleh generasi muda masa kini. Yakni untuk tetap memiliki fighting spirit dan keyakinan akan kemampuan yang dianugerahkan Sang Pencipta kepada kita.

BACA JUGA: Cerita Berliku Pendidikan Arsjad Rasjid yang Sedari Kecil Sudah di Luar Negeri

Belajar dari Arsjad, bagaimanapun kita melalui masa muda dengan berbagai plus dan minusnya, jangan lupa fokus mengejar tujuan hidup dengan tetap menghargai proses yang harus dilalui. Karena pasti ada hikmah yang nantinya ikut membentuk pribadi kita menjadi lebih baik.

You may also like

More in News