Keberlanjutan adalah fokus utama bagi banyak perusahaan, termasuk Indika Energy. Selain mendukung program pemerintah dan global, langkah ini juga diambil karena semakin tingginya kesadaran akan pentingnya praktik ramah lingkungan dalam operasional bisnis.

Indika Energy telah berkomitmen serius untuk menerapkan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG) mencapai net-zero emissions 2050. Dengan tujuan meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan, serta meningkatkan efisiensi dan daya saing.

Bagi Indika Energy, keberlanjutan adalah komitmen utama yang akan terus dikejar meskipun tantangan yang dihadapi tidak mudah. Arsjad Rasjid menjelaskan bagaimana perjalanan Indika Energy untuk berkomitmen menerapkan prinsip ESG dan mencapai net-zero emissions di 2025.

Keberlanjutan adalah target yang menantang, ini komitmen Indika Energy

Indika Energy termasuk salah satu perusahaan pertama di Indonesia yang berkomitmen untuk mencapai net-zero (netral karbon) pada tahun 2050. Target keberlanjutan ini telah ditetapkan sejak tahun 2021.

Sejumlah tantangan dialami pada awalnya, sebab bertepatan dengan masa pandemi COVID-19, krisis rantai pasok dan konflik geopolitik. Namun, tantangan ini justru menjadi motivasi untuk mencapai semua parameter keberlanjutan.

Indika Energy terus ber-progres dengan melakukan evaluasi dan meningkatkan target ESG di tahun 2023. Evaluasi ini mencakup tiga hal:

  • Pemantauan yang lebih baik
  • Target yang lebih terukur dan merefleksikan diversifikasi perusahaan
  • Komitmen yang lebih kuat di seluruh organisasi

“Perubahan satu-satunya dari komitmen kami selama setahun terakhir adalah bahwa kami telah menetapkan standar yang lebih tinggi lagi dan kami semakin bertekad untuk mencapainya. Kami tidak hanya menetapkan sasaran, kami mewujudkannya dengan cara yang bermakna dan berdampak,” ujar Arsjad Rasjid.

Peta Jalan Indika Energy menuju netral karbon dan pencapaian kinerja di 2023

Indika Energy memiliki aspirasi besar dalam menuju netral karbon. Aspirasi yang pertama yaitu mencapai net-zero emissions pada tahun 2050 dan penurunan emisi scope 1 dan 2 sebesar 25% pada 2025 dan 33% pada tahun 2030.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Indika Energy terus memantau dan mengevaluasi metrik ESG. Di tahun 2023, baseline dan target ESG dievaluasi ulang, cakupan data diversifikasi diperluas, dan target ESG yang berdampak signifikan ditetapkan.

Berdasarkan kinerja ESG di tahun 2023, mencatatkan adanya penurunan emisi karbon. Di samping itu, upaya untuk meningkatkan keberagaman, inklusi, serta tata kelola perusahaan terus diperkuat. Adanya peningkatan partisipasi masyarakat juga menjadi cerminan Indika Energy akan praktik keberlanjutan. Capaian ini menjadi cerminan sinergi antara tujuan perusahaan maupun tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial.

Kinerja Indika Energy di bidang lingkungan (Environmental) di tahun 2023

  • Emisi GRK scope 1 dan 2 tercatat berkurang 11,26% dari tahun sebelumnya
  • Konsumsi energi berkurang 4,01% dari tahun sebelumnya
  • Total penarikan air berkurang 42,20% dari tahun sebelumnya
  • Intensitas pengambilan air ton produksi turun 31,81% dari tahun sebelumnya
  • Area reklamasi meningkat 3,96% dari tahun sebelumnya

Kinerja Indika Energy di bidang Sosial (Social) di tahun 2023

  • Mengalokasikan 1,45% dari EBIT tahunan kami untuk investasi sosial
  • 400,000 kehidupan telah terdampak oleh inisiatif pengembangan komunitas atau meningkat 50,96% dari tahun sebelumnya
  • Representasi perempuan dalam angkatan kerja adalah 18,75%
  • Representasi perempuan dalam manajemen senior adalah 11.68%
  • Lebih dari 1.400 tenaga kerja lokal Indika Energy Group
  • Lebih dari 3.500 kesempatan kerja

Kinerja Indika Energy di bidang Tata Kelola (Governance) di tahun 2023

  • Pada tahun 2023, seluruh atau 86 anggota dewan direksi menyelesaikan pelatihan mengenai kode etik bisnis.
  • Sebanyak 57,8% atau 2.070 karyawan telah menjalani pelatihan kode etik bisnis pada tahun 2023.

BACA JUGA: Perjalanan Indika, dari Perusahaan Media Hingga Energi dan Kendaraan Listrik

Keberlanjutan adalah salah satu komitmen Indika Energy yang terus diupayakan dengan memanfaatkan inovasi dan kolaborasi strategis. Ke depannya, semoga makna dan dampak yang diupayakan dapat semakin luas dalam memberdayakan masyarakat, mendorong kesejahteraan ekonomi serta menjaga kelestarian lingkungan demi masa depan yang lebih adil dan berkelanjutan.

You may also like