News

Mantan Menteri Perindustrian Nilai Arsjad Rasjid Sosok Pengusaha Sukses dan Inspiratif

Mantan Menteri Perindustrian yang juga pengusaha nasional MS Hidayat mendukung Arsjad Rasjid yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Nasional untuk menjadi ketua umum Kadin periode 2021-2026.

Menurut MS Hidayat, Arsjad dinilai sebagai sosok pengusaha sukses dan inspiratif yang sudah membuktikan berhasil memimpin perusahaan nasional dengan memperoleh banyak kemajuan besar di bidangnya.

Karena itulah, MS Hidayat menyebut Arsjad Rasjid telah memenuhi syarat-syarat menjadi ketua umum Kadin.

“Arsjad sebagai profesional sudah membuktikan dia bisa membesarkan kelompok usaha menjadi salah satu yang terbesar di bidang oil, gas dan tambang, juga kelapa sawit. Cocok jadi ketua Kadin karena dia mengerti keadaan ekonomi, dia basic knowledge-nya juga ekonomi bisnis, sekolah di luar negeri di Amerika dan meneruskan pengalaman ini dari bawah,” ujar MS Hidayat, Kamis, 8 April 2021.

Ditambahkan MS Hidayat, Arsjad merupakan pengusaha muda yang memiliki pengalaman dalam praktik dan bertekad membangkitkan kembali dunia usaha yang sedang terpuruk akibat pandemi Covid-19. Arsjad juga bekerja sama dengan pemerintah dan pihak luar negeri untuk menggerakkan roda perekonomian.

“Dia (Arsjad) relatif muda. Dia orang yang berpengalaman dalam praktik dan mempunyai organisasi yang mem-backup-nya, yang nanti akan bisa bicara dengan pemerintah dan pihak-pihak luar negeri apa yang kita butuhkan untuk membangkitkan kembali dunia usaha,” katanya.

MS Hidayat yang juga mantan ketua umum Kadin itu berpesan agar Arsjad tidak lupa menggandeng dan memajukan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

“Dan jangan lupa juga saya bilang sama Arsjad, usaha UMKM, usaha kecil menengah itu harus juga dibangkitkan. Sekarang-sekarang ini UMKM sedang terperosok karena pandemi,” ungkapnya.

Jika nantinya Arsjad terpilih sebagai ketua umum Kadin, lanjut MS Hidayat, dia wajib memilih orang-orang yang terbaik dalam tubuh kepengurusan Kadin, sehingga di bawah kepemimpinannya Kadin semakin solid dan kuat.

“Saya sudah memberi tahu besarnya organisasi ini, sehingga dia harus memilih suatu kepengurusan yang kuat kalau menang,” terangnya.

Selain itu, MS Hidayat juga menyarankan agar pengurus baru Kadin yang nantinya terpilih untuk menjadi partner pemerintah dalam menyusun strategi dan program-program pemulihan ekonomi, terutama mengatasi pandemi yang tidak hanya berdampak di Indonesia melainkan seluruh dunia.

“Itu tidak mungkin pemerintah bikin program sendiri tanpa dari awal melibatkan dunia usaha. Dan dunia usaha itulah Kadin yang akan memimpinnya,” sambung Hidayat.

Menurut MS Hidayat, nantinya Kadin bersama pemerintah akan membentuk suatu program bersama, dari sektor per sektor sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang ada dalam penanganan ekonomi, sehingga dunia usaha kembali pulih dan cepat bangkit.

“Jadi nanti akan dibentuk suatu program bersama sektor per sektor sehingga nanti bersama pemerintah disandingkan, supaya policy pemerintah dalam penanganan ekonomi itu subtansinya sejalan dengan kemauan dan kemampuan dunia usaha, biar cepat bangkit,” kata MS Hidayat. (VED)

You may also like