News

Arsjad Rasjid Tegaskan Dukungan Kadin untuk UMKM Indonesia

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid, menyebutkan Kadin akan merangkul dan mendukung usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) agar bisa semakin maju di tengah tantangan pandemi.

Menurut Arsjad, selain mendukung penguatan ekosistem UMKM, Kadin juga akan mengembangkan pelatihan vokasi kepada para pelaku usaha di sektor ini.

“Pengembangan dan penguatan UMKM bisa diwujudkan melalui innovation hub serta pendidikan vokasi secara luas,” kata Arsjad dalam Dialog Kadin dan Shopee Indonesia: UMKM Indonesia Menuju Pasar Global, Senin, 14 Juni 2021.

Arsjad yang menjadi kandidat ketua umum Kadin Indonesia periode 2021-2026 itu menyebutkan, innovation hub yang bisa dihadirkan dalam bentuk Warung Inovasi, diperlukan sebagai wadah pendampingan UMKM agar bisa terus maju serta mampu menembus peluang di pasar global.

Pendampingan itu, ungkap Arsjad, meliputi mentoring serta mendorong dari usaha informal menjadi formal, sehingga bisa mengakses layanan perbankan.

Selain itu, melalui pendampingan, Kadin juga akan membantu memperkuat manajemen UMKM. “Juga yang tak kalah penting adalah membantu menguatkan literasi digital UMKM,” terangnya.

Ditambahkan Arsjad, innovation hub bahkan bisa dikembangkan di rumah-rumah ibadah seperti masjid dan gereja, yang memiliki susunan kepengurusan. “Sambil beribadah, kita ciptakan lebih banyak UMKM dan mengembangkan usahanya,” lanjut Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk ini.

Melalui UMKM yang semakin kuat, Arsjad optimistis produk-produknya juga akan semakin diterima oleh pasar secara luas.

Arsjad bilang, Kadin juga akan mengajak e-commerce untuk bekerjasama.mengembangkan UMKM Indonesia. “Selain mengisi etalase dengan produk-produk UMKM, e-commerce juga harus melakukan sharing, membantu menguatkan UMKM,” ujarnya.

Selain Arsjad Rasjid, dialog ini juga menghadirkan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, serta Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja. (ANA)

Foto: Agus Apriyanto

You may also like