News

Langkah Pemulihan Dinilai Tepat, Arsjad Rasjid Optimistis Ekonomi Indonesia Tumbuh Positif

Kadin Indonesia memperkirakan perekonomian nasional di 2021 tumbuh positif, menyusul peningkatan sejumlah indikator ekonomi.

Hal itu terlihat dari kenaikan di indeks manufaktur, indeks penjualan ritel, konsumsi semen, konsumsi listrik, serta impor bahan baku dan barang modal.

“Perbaikan indikator ekonomi menumbuhkan optimisme bahwa pemulihan ekonomi nasional sedang berlangsung. Kebijakan yang digulirkan pemerintah sudah tepat dan pengusaha juga konsisten mendukung pemerintah untuk memulihkan ekonomi,” kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional Arsjad Rasjid, yang juga calon ketua umum Kadin Indonesia periode 2021-2026.

Pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa kembali ke kisaran 4,3-55 persen pada 2021, melonjak jauh di atas realisasi pertumbuhan ekonomi 2020 yang minus 2 persen.

Menurut Arsjad, selain indikator ekonomi, penambahan kasus positif harian Covid-19 yang terus menurun dan vaksinasi yang semakin masif di berbagai daerah juga menjadi faktor dunia usaha akan semakin membaik.

Selain itu, Arsjad Rasjid memiliki visi untuk mengoptimalkan potensi Kadin daerah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Sementara itu, Ketua Kadin Kalimantan Utara Kilit Laing menilai, pernyataan Arsjad yang menyebut pengembangan ekonomi nasional harus menggerakkan potensi ekonomi di daerah, sudah tepat.

Karena Kilit melihat, setiap daerah memiliki problem dan tantangan yang berbeda, termasuk dalam mengelola serta mengembangkan potensi ekonomi yang dimiliki. Ke depan, semua potensi perlu dikelola dengan baik. Arsjad dinilai lnya memiliki kemampuan tersebut.

“Saya melihat visi misi Arsjad mengenai kebutuhan pengusaha daerah yang di masa lalu terabaikan, semoga terwujud karena harus didukung oleh pemerintah,” jelas Kilit.

Oleh karena itu, ujar dia, dibutuhkan sinergitas antara Kadin Indonesia dengan Kadin di daerah dalam mengoptimalkan peran membantu pemerintah menggerakkan ekonomi. Menuntaskan masalah yang masih ada.

“Di sinilah Kadin Indonesia bekerja sama dengan Kadin daerah, harus bersinergi,” ungkap dia.

Para pengusaha daerah siap mendukung perbaikan Kadin di bawah kepemimpinan Arsjad sehingga Kadin dan pemerintah bisa bersama-sama bersinergi untuk menyejahterakan masyarakat dan bangsa. (VED)

You may also like